EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN KARTU EKSDOMIN

Menyiapkan sulung menjadi kakak

Bismillah...

Ini tentang kisah sekitar 6 tahun silam. Menyiapkan sulung menjadi seorang kakak dengan bekal ilmu dan pengalaman yang sekadarnya, tentu menjadi hal yang cukup menantang. Dari awal kehamilan kedua, sudah mulai mengenalkan adik pada sang kakak. Ditengah kesibukan saya sebagai IRT dan guru, sesuatu yang betul-betul luar biasa saat itu. Karena beda usia sulung dan adiknya hanya kurang dari 25 bulan. Pengalaman dari rekan2 guru saya saat itu yang juga memiliki anak-anak dengan rentang usianya yang cukup dekat menjadi catatan tersendiri bagi saya. 

Memang sempat ada kekhawatiran bagaimana nanti akan berbagi kasih sayang diantara mereka? Apakah nanti bisa adil ? Dan kegundahan lainnya.
Hal ini muncul karena ada teman yang bercerita, hari pertama setelah melahirkan anak kedua, saat anak sulung nya menjenguk beliau di RS, yang di lakukan pertama saat melihat sang adik bayi adalah memukulnya ðŸ˜±. Wuah koq bisa gitu ya. Hal ini pun menjadi pertanyaan saya apa yang akan dilakukan sulung pada sang adik nanti?

Hingga saat itu pun tiba, hari kedua setelah melahirkan adik sulung, saya diperbolehkan untuk pulang dari klinik. Ada kerinduan yang sangat pada kakak sulung. Secara kami memang merantau, jadi saat saya melahirkan di klinik, sulung tidak kami ajak, dia menginap di rumah emak 'nenek ketiga'. Dua hari tidak bersamanya, saat itu dia berusia 2tahun 10 hari, sangat rindu rasanya. Juga ada rasa penasaran bagaimana ekspresi dia saat bertemu dengan adik bayinya?

Dan 
Saat itupun tiba, kami, saya , suami dan adik bayi sampai di depan rumah, kakak sulung sedang bermain di teras rumah, betapa girangnya dia melihat adik bayi... Lega rasanya... Alhamdulillah kejadian yang menimpa teman saya tidak terjadi pada kami. Dia antusias melihat adiknya. 
Semoga kakak sulung selalu sayang ya sama adik ... Alhamdulillah sekarang kakak sulung berusia 8th dan adik 6th. Saat ini sudah ada adik bungsu berusia 2,5th. 
Barakallohufikum ya anak2 ku. 

*#Day1*
*#ODOPPreMatrik*
*#MulaiMenulis*
*#IIPBogor*

Comments