EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN KARTU EKSDOMIN

Membuat Klinometer Sederhana

Apaan tuh klinometer ?
kayaknya koq agak asing ya terdengar ditelinga...

Klinometer ( clinometer )  
adalah alat sederhana yang digunakan untuk mengukur sudut elevasi yang dibentuk antara garis datar dengan sebuah garis yang menghubungkan sebuah titik pada garis datar tersebut dengan titik puncak (ujung) suatu obyek. Pada terapannya, alat ini dapat digunakan pada pekerjaan pengukuran tinggi (atau panjang) suatu obyek dengan memanfaatkan sudut elevasi (Prihandoko, 2007:1). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:
 nah itu klinometer yang sederhana adapun yang digital sbb
itu hanya salah satu jenisnya saja, masih banyak koq jenis-jenis klinometer yang lain. Harga klinometer pun bermacam-macam. Kisarannya Rp 1.200.000 itu tahun lalu nah kalo klinometer yang lebih canggih lagi ya bisa sobat kira-kira sendiri dech.


Saat ini saya membutuhkan alat ini karena anak-anak sedang belajar trigonometri. Alat ini cukup membantu sekali untuk menunjukan aplikasi trigonometri dikehidupan nyata kita. Dengan alat ini kita bisa mengukur ketinggian suatu gedung, pohon, menara dan yang lainnya tanpa harus memanjat benda itu. Gimana, tertarik ?


Kalau harus beli , banyak pertimbangan karena tentunya alat ini dibutuhkan lebih dari satu unit. Jadi saya membuatnya tentu saja dengan bantuan PSB ( pusat Sumber Belajar ) di sekolah saya.


Bahan-bahan untuk membuat klinometer sederhana adalah :
1. Busur
2. Tali kasur
3. Bandul logam
4. Kayu penopang
5. mur dan baut
6. paku.
Disainnya : sebuah kayu penopang dengan ukuran 160-200 cm dan pada posisi 150 cm ( sesui dengan jarak mata ke tanah ) diletakkan sebuah busur kemudian diletakkan sebuah tali yang telah berbandul logam. Busur itu dikaitkan dengan kayu dengan cara memakai baut dan mur agar memudahkan kita untuk memakainya nanti.

Buat sobat guru yang penasaran bagaimana bentuknya... tetap ikuti terus blog ini yah insyaalloh setelah Pa'Ujang merakitnya akan saya upload dech. 
Untuk Mba Ibad & Pa' Ujang trimakasih ya... sudah mau membantu...

Buat sobat guru selamat mencoba.
Semoga berhasil...



Comments