Skip to main content

Tipe-tipe Penilaian

Penilaian merupakan hal yang biasa dilakukan di dalam kelas. Hal itu biasanya mengambil cara yang konservatif dalam format tradisional. Ada berbagai macam pilihan penilaian, namun sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan guru akan pengajaran dan kebutuhan siswa akan pelajaran.
Penilaian Formatif
Meskipun tes dan ujian tidak akan dihilangkan dari sekolah, cara belajar siswa dapat lebih baik ketika informasi dari berbagai macam penilaian digunakan untuk menginformasikan pelajaran, memberikan masukan, dan evaluasi produk dan penampilan. Jenis penilaian yang berlangsung sebelum dan selama pelajaran disebut penilaian formatif.
Beberapa strategi dari penilaian formatif memberikan para siswa dan guru berbagi bentuk informasi yang diperlukan untuk meningkatkan pelajaran:
  1. Strategi untuk mengukur kebutuhan siswa, seperti menguji pekerjaan siswa, menganalisa grafik organiser, dan brainstorming
  2. Strategi untuk mendorong pengarahan diri sendiri, seperti penilaian diri sendiri, tanggapan teman, dan kerja sama kelompok
  3. Strategi untuk memantau perkembangan, seperti observasi informal, catatan pribadi, dan catatan pelajaran
  4. Strategi untuk memeriksa pemahaman,seperti jurnal, wawancara dan mengajukan pertanyaan informal
Penilaian Summatif
Ketika penilaian formatif dapat memberi para siswa dan guru informasi tentang sebaik apa mereka melakukan proyek, pada beberapa hal, banyak guru yang diminta untuk memberikan laporan terhadap cara belajar siswa di setiap akhir unit atau proyek tertentu. Para siswa juga ingin dan perlu mengetahui sebaik apa mereka telah melakukan. Penilaian seperti ini, selesai setelah ada fakta, disebut penilaian sumatif.
Penilaian sumatif, seperti tes unit, dapat memberikan informasi berguna jika para guru dan siswa mengambil waktu untuk lebih memperhatikan mereka. Para guru dapat menemukan daerah kelemahan untuk membahasnya lebih dalam di pelajaran berikutnya dan dengan kelompok siswa. Para siswa dapat mengidentifikasi daerah yang bermasalah dan menetapkan tujuan untuk pelajaran di masa depan.

diambil dari educate.intel.com

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Klinometer Sederhana

Apaan tuh klinometer ? kayaknya koq agak asing ya terdengar ditelinga... Klinometer ( clinometer )   adalah alat sederhana yang digunakan untuk mengukur sudut elevasi yang dibentuk antara garis datar dengan sebuah garis yang menghubungkan sebuah titik pada garis datar tersebut dengan titik puncak (ujung) suatu obyek. Pada terapannya, alat ini dapat digunakan pada pekerjaan pengukuran tinggi (atau panjang) suatu obyek dengan memanfaatkan sudut elevasi (Prihandoko, 2007:1). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:  nah itu klinometer yang sederhana adapun yang digital sbb itu hanya salah satu jenisnya saja, masih banyak koq jenis-jenis klinometer yang lain. Harga klinometer pun bermacam-macam. Kisarannya Rp 1.200.000 itu tahun lalu nah kalo klinometer yang lebih canggih lagi ya bisa sobat kira-kira sendiri dech. Saat ini saya membutuhkan alat ini karena anak-anak sedang belajar trigonometri. Alat ini cukup membantu sekali untuk menunjukan aplikasi trigonome...

Aplikasi Trigonometri dalam pertanian

Siapa bilang trigonometri hanya dipakai untuk matematika saja? salah satu aplikasi trigonometri bisa kita temui dalam bidang pertanian khususnya dalam penanaman tanaman dengan stek batang. berikut langkah-langkah stek batang Metode stek merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan sebab tidak perlu persiapan yang panjang selain itu alat yang digunakan juga tidak terlalu rumit. 1. Siapkan peralatan yang terdiri dari gunting tanaman, pisau, plastik penutup, tali plastik, pot dan media tanam. 2. Siapkan media tanam dengan campuran pasir, dengan humus bambu. 3. Pilih batang puring yang sudah terlihat tua untuk dipotong. Cirinya cukup mudah perhatikan kulit bila sudah berwarna cokelat seperti kulit kayu berarti batang sudah siap di stek. 4. Potong dengan menggunakan gunting tanaman yang sudah dibersihkan. Hindari pengunaan pisau sebab batang punya struktur yang keras dan mengandung kayu. 5. Setelah terpisah jangan lupa untuk untuk menutup luka di pohon indukan de...

SOAL ULANGAN HARIAN BANGUN RUANG SISI DATAR ( BRSD )

ULANGAN HARIAN BANGUN RUANG SISI DATAR  1.     Banyaknya rusuk pada prisma segidelapan adalah … .     a. 10                         c. 16     b. 12                         d. 24  2.    Kubus yang memiliki panjang rusuk 5cm. jika akan membuat kerangka kubus dengan kawat maka kawat yang dibutuhkan adalah…      a.    65cm                   c. 70cm      b.    75cm                   d. 60cm. 3.    Kubus y...