EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN KARTU EKSDOMIN

Jalan jalan tidak harus ke mal

Bismillah
Jalan-jalan tidak harus ke mal
Mengisi waktu pagi saat libur sekolah atau weekend, biasanya kami lakukan dengan jalan bareng. Ya betul, bener2 jalan pakai kaki yah. Bukan jalan hangout ke mal atau tempat wisata berbayar.
Kami berjalan menuju arah kampung belakang komplek tempat tinggal kami. Kami berlima berjalan dengan bersama-sama. Anak-anak sangat senang ternyata, apalagi si bungsu. Kalo biasanya kalo jalan kaki sejauh 200 meter dan minta di gendong, kalo jalan ke arah kampung ini sampai kami jalan hampir setengah jam dia masih enjoy aja. Hehehe... Secara disepanjang perjalanan dia bisa mengamati pemandangan yang tidak bisa dia temui di sekitar rumahnya. Seperti kambing dalam kandang nya, mentok bebek yang bebas jalan kesana kemari, induk ayam bersama anak-anak nya yang masih lucu, itu semua ternyata bisa menjadi hiburan tersendiri buat si bungsu.
Nah adapun untuk kedua kakaknya, banyak juga manfaat jalan ke kampung ini, mereka saya ajak utk bersyukur dan berempati kepada orang lain, melihat kondisi warga yang kami lewati selama jalan ini. Anak-anak bisa menemui rumah warga yang hanya terbuat dari bilik bambu, berlantai tanah, sangat sederhana namun kenapa mereka tampak bahagia ya kak? Pertanyaan ini biasanya kami giring agar mereka bisa senantiasa menjadi pribadi-pribadi yang bersyukur. Dengan melihat langsung seperti itu bisa menjadi pengingat kuat saat suatu ketika ada hal-hal yang ingin memiliki seperti yang teman miliki, yang pada akhirnya bisa menjadi tidak bersyukur dengan yang ada.
Sesekali kami juga menikmati sarapan yang ada dikampung itu, dengan harga yang cukup terjangkau.
Di ujung jalan kampung yang berbatasan dengan komplek di sisi yang lain, anak2 bisa menemukan tanah lapang yang bisa jadi tempat istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan balik. Anak2 bisa bermain sebentar di tanah lapang tersebut.
Jalan ke kampung ini pun sangat banyak manfaatnya buat kami sebagai orang tua, membuat kami bisa bersyukur dan bersabar. Melihat kondisi warga yang kami temui.
*#Day2*
*#ODOPPreMatrik*
*#MulaiMenulis*
*#IIPBogor*

Comments